Teknik Kendaraan Ringan

PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN  TEKNIK KENDARAAN RINGAN

 

A.  Tujuan  Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

 

            Tujuan Program Studi Keahlian Teknik Otomotif khususnya pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) secara umum mengacu pada isi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

             Secara khusus Tujuan program studi keahlian Teknik Otomotif pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 7 Surabaya adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar :

1)        Menghasilkan tamatan yang berbudi pekerti luhur.

2)        Menguasai kompetensi dibidang Teknik Kendaraan Ringan.

3)        Mampu bersaing dan meraih peluang kerja.

4)        Mampu mengembangkan jiwa wirausaha yang mandiri.

 

B.       Menjadi Sekolah Binaan Industri Besar

SMK Negeri 7 Surabaya khususnya  pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan saat ini telah melakukan upaya-upaya pengembangan program sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi para siswa dengan menggandeng PT. Astra Internasional. Bentuk kerjasamanya adalah SMK Negeri 7 Surabaya menjadi Sekolah Binaan PT Astra International melalui bendera PT. Auto 2000.  Dengan menjadi SMK binaan PT. Astra Internasional maka siswa SMK Negeri 7 khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan berkesempatan untuk magang di Auto 2000 selama 10 (sepuluh) bulan. Tindak lanjut dari program magang 10 (sepuluh) bulan, siswa yang lolos seleksi magang langsung direkrut menjadi Karyawan Auto 2000. Dari Program tersebut telah ada beberapa siswa yang telah lulus dan ditempatkan di cabang-cabang Auto 2000. Selain untuk siswa tindak lanjut dari program kerjasama tersebut adalah kesempatan bagi guru-guru Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 7 Surabaya untuk magang di Auto 2000 dalam rangka meningkatkan kompetensinya. Selain kegiatan magang di Industri untuk siswa maupun guru, bentuk kerjasama yang lain adalah pogram Guru tamu. Realisasi dari program guru tamu adalah team teknisi senior dari Auto 2000 secara rutin mengunjungi SMK Negeri 7 Surabaya untuk berbagi ilmu dengan siswa dan guru terkait dengan perkembangan teknologi otomotif terbaru. Kegiatan guru tamu dari Industri ini tidak saja memberi pencerahan bagi para siswa dan guru, lebih dari itu juga bisa memotivasi para peserta didik untuk terus meningkatkan kemampuannya.

Selain dengan PT Astra International Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 7 Surabaya juga menjalin kerjasama dengan Perusahaan Sepeda Motor YAMAHA. Cukup besar peran Yamaha untuk ikut membesarkan Sekolah yaitu melalui pemberian  bantuan engine maupun Unit Yamaha. Bantuan engine maupun unit Yamaha ini sangat membantu dalam meningkatkan ketrampilan siswa. Selain bantuan tersebut secara rutin managemen Yamaha juga memberi kesempatan kepada para guru Teknik Kendaraan Ringan untuk mengikuti program pelatihan di Yamaha dalam rangka untuk meningkatkan kompetensinya.